Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita

Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita

Masalah keputihan adalah masalah umum yang menjadi persoalan bagi kaum wanita. Namun tidak banyak wanita yang tahu apa itu keputihan dan terkadang menganggap enteng persoalan keputihan ini. Perlu diingat bahwa jangan pernah menyepelekan masalah penyebab keputihan. Baca dan kenali masalah keputihan agar waspada dari bahaya keputihan.

Keputihan atau dalam bahasa ilmu kedokteran disebut Fluor Albus merupakan kondisi di mana terdapat cairan yang berlebihan keluar dari kelamin wanita. Terdapat 2 jenis keputihan, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan normal (fisiologis) dapat saja terjadi pada setiap wanita. Umumnya cairan yang keluar adalah bening, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak gatal. Cairan keputihan normal bisa sedikit atau cukup banyak, dan biasanya terjadi sebelum dan sesudah menstruasi, atau ketika sedang stres.

Keputihan abnormal (patologis) adalah jika cairan yang keluar tidak bening, berwarna putih kekuningan, keabuan sampai kehijauan, kental, berbau seperti telur busuk atau anyir, gatal dan biasanya lebih banyak. Jika mendapatkan gejala tersebut, maka hampir dipastikan keputihan tersebut adalah abnormal. Penyebab keputihan abnormal umumnya dikarenakan oleh jamur Candidas atau Monilia, dengan gejala cairan berwarna putih susu, kental, dan berbau, serta gatal. Faktor penyebab lainnya adalah virus, parasit, atau bakteri yang terkait dengan penyakit kelamin yang diderita.Fluor Albus

Keputihan abnormal bisa sangat berbahaya untuk kesehatan, jadi jika Anda menemukan gejala keputihan abnormal, segeralah periksa ke dokter untuk cepat diobati.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari keputihan:

  • Menjaga kebersihan kelamin
  • Jangan menggunakan tissue sehabis buang air kecil atau besar
  • Mengganti panty liner secara teratur dan tidak terlalu lama
  • Mengganti pembalut lebih sering ketika mentruasi
  • Menjaga kebersihan toilet
  • Makan makanan yang bergizi dan teratur
  • Tidur yang cukup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *