Orang Tua Harus Tahu, Inilah Akibat Pergaulan Bebas Remaja

Akibat Pergaulan Bebas Remaja

Akibat pergaulan bebas remaja – Masa remaja memang masa-masa yang sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan. Masa ini sering kali dianggap sebagai masa pencarian jati diri bagi seseorang. Banyak yang berprestasi mulai saat remaja dan menjadi inspirasi positif bagi lainnya. Namun tak jarang pula ada remaja yang memilih jalan bebas sebagai pencarian jati dirinya. Efeknya tentu bisa anda tebak sendiri. hamil di luar nikah, menjadi pecandu obat-obatan tertentu, dan lain sebagainya.

Namun yang perlu anda ingat, orang tua juga berperan penting dalam proses pergaulan remaja. Mungkin anda sebagai orang tua juga tak ingin jika anak anda hanyut dalam model pergaulan bebas dan tidak mengerti aturan. Anda bisa saja memberikan pengertian akan bahaya dari pergaulan bebas kepada anak anda sehingga tidak akan terjerumus. Masih ada banyak efek negatif akibat pergaulan bebas remaja. Berikut adalah beberapa akibat buruk pergaulan bebas di kalangan remaja.

Sikap Mental yang Tidak Sehat

Pergaulan bebas sering kali mempengaruhi kesehatan mental seorang remaja. Seperti anda ketahui, seorang remaja adalah orang yang sedang mencari prinsipnya. Maka ketika pergaulan yang dilaluinya sangat bebas, dia akan cenderung mengabaikan lingkungan sekitar dan malas berkomunikasi dengan lingkungan sosialnya. Remaja tersebut akan menjadi tidak produktif dan selalu berpikiran hal-hal yang negatif. Mereka juga kurang bisa mengendalikan emosi mereka saat marah. Sikap mental seperti ini juga yang menyebabkan aksi bullying kerap terjadi. Jalan kekerasan sering dipilih untuk menyelesaikan masalah.

Hamil di Luar Nikah

Pergaulan remaja yang bebas membuat sekat antara laki-laki dan perempuan remaja menjadi sangat tipis. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti keluar rumah hingga larut malam memicu potensi terjadinya seks di luar nikah. Hal ini sangat merugikan karena masa remaja merupakan masa-masa produktif. Seorang remaja seharusnya bisa memberikan teladan dan prestasi yang membanggakan bagi orang tuanya, bukan malah membawa beban dengan hamil di luar nikah.

Aborsi

Hubungan seksual di luar nikah karena pergaulan bebas juga akan meningkatkan potensi terjadinya aborsi. Remaja yang sudah mengalami kehamilan biasanya akan menjadi panik karena malu memikirkan anak yang dikandungnya. Hal tersebutlah yang memicu kenekatan seorang remaja melakukan aborsi. Tentu ini merupakan perbuatan keji dan berdosa.

Terjangkit Penyakit Menular Seksual (PMS)

Ketika di luar rumah, anda tentu tidak tahu apa saja yang dilakukan putra ataupun putri anda. saat ini, angka penderita penyakit seksual menular seperti herpes, HIV ataupun AIDS selalu meningkat seiring bertambahnya tahun. Anda tentu tidak mau anak remaja anda terkena salah satu penyakit tersebut. Apalagi hingga sekarang, belum ada obat yang benar-benar manjur bagi penyakit-penyakit tersebut.

Ketergantungan Obat-obatan

Mungkin anda sudah banyak melihat kasus penangkapan obat-obatan ilegal semacam pil koplo dan pil ekstasi. Polisi menyita obat-obatan tersebut dari para pengedar yang rata-rata mengincar remaja sebagai sasaran utama. Anda tentu ngeri jika membayangkan obat-obatan tersebut dikonsumsi oleh anak-anak remaja anda. obat-obatan terlarang bukan hanya merusak sistem otak dan tubuh, namun juga memiliki efek kecanduan. Sangat berbahaya jika kecanduan tersebut tidak segera dicegah dan diobati.

Tawuran

Akibat pergaulan bebas remaja yang selanjutnya adalah tawur. Anda juga mungkin sudah melihat banyak kasus tawuran atau bahkan di daerah anda sendiri sering mengalaminya. Biasanya tawuran akan melibatkan dua sisi yang saling berseteru. Jika memang daerah anda sangat rentan terjadi tawuran, maka anda perlu mulai mawas diri dan mengawasi pergaulan anak anda. salah-salah, justru anak anda yang berada di barisan paling depan dan membawa rantai dan gir sebagai senjata. Jelas aksi tersebut sangat berbahaya bagi remaja itu sendiri dan juga lingkungan di sekitarnya.

Putus Sekolah

Jika remaja sudah terlanjur jauh terjerumus ke dalam pergaulan bebas, maka dia akan merasa sekolah bukan lagi hal yang penting. Mereka lebih memilih menjalani hidup seperti kemauan mereka sendiri ketimbang harus merencanakan masa depan dengan baik. Akibatnya, jumlah pengangguran juga semakin meningkat seiring dengan jumlah remaja yang putus sekolah.

Penyakit Sosial

Penyakit SosialAkibat pergaulan bebas remaja yang terakhir adalah terkena penyakit sosial. Mereka yang biasa bergaul dengan orang-orang yang salah akan kehilangan rasa kemanusiaan dan rasa empati. Mereka akan cenderung mengabaikan masalah-masalah yang terjadi di sekitar mereka. Sela mereka senang dan bahagia, mereka tidak akan ikut campur urusan orang lain. Namun mereka juga tak segan-segan melakukan segala cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Meski dengan jalan kekerasan.

Itulah beberapa akibat pergaulan bebas remaja yang bisa anda ketahui. Bagaimanapun, lingkungan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang remaja. Anda sebagai orang tua juga harus mawas diri dan mengerti benar gerak-gerik anak anda sendiri. Jangan sampai setelah semuanya terjadi anda baru menyadarinya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *